PENGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA GURU KELAS 3 DI SDN NO.92 KOTA UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengunaan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hoormat dan patuh kepada guru kelas 3 di SDN 92 Kota Utara. . Metode ini dipilih karena dapat mendorong partisipasi aktif siswa serta meningkatkan pemahaman konsep melalui pengalaman langsung. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk tindakan kelas dengan melibatkan 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar mereka, dengan peningkatan nilai rata-rata tes pasca tindakan dibandingkan dengan tes pra tindakan. Temuan ini menyarankan bahwa metode role playing efektif untuk meningkatkan sikap hormat dan patuh siswa terhadap guru. dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 92 Kota Utara.