MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MATERI MELANTUNKAN SHALAWAT, SYAIR ATAU QASIDAH

Authors

  • Zakaria Isilaku SDN No. 27 Kota Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi melantunkan shalawat, syair atau qasidah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran cooperative learning. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN No. 27 Kota Selatan Kota Gorontalo, yang terdiri dari 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test, post-test, observasi guru dan observasi siswa. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran cooperative learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi melantunkan shalawat, syair atau qasidah. Sebelum diterapkan model pembelajaran cooperative learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 5 orang siswa yang tuntas (21,73%) dengan nilai rata-rata 61,65. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 12 siswa (52,17%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 78,17 dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan sebanyak 20 siswa (87%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 84. Dengan diterapkan model pembelajaran cooperative learning siswa lebih antusias dalam melaksanakan tugas, berdiskusi, dan melantunkan shalawat dan tingkat pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat, terutama dalam hal partisipasi aktif dan kemandirian dalam kelompok yang berpengaruh besar pada peningkatan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Zakaria Isilaku. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MATERI MELANTUNKAN SHALAWAT, SYAIR ATAU QASIDAH. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 584–593. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5573