PENERAPAN METODE SIMA’I DAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI AL-QUR’AN DAN HADIS

Authors

  • Mulyono SDN 38 Hulontalangi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III SDN 38 Hulontalangi pada materi Al-Qur’an dan Hadis, hal ini dapat dilihat dari proses belajar yang menunjukan rendahnya ketuntasan belajar peserta didik, sehingga nilai yang diperoleh belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode sima’i dan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDN 38 Hulontalangi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelian di kelas III terdiri dari 27 Peserta didik. Berdasarkan hasil peneltian dapat diketahui bahwa adanya peningkatan kemampuan menghafal  peserta didik sebelum dilakukan tindakan tergolong kurang baik dengan rata-rata 20,01, dan 20,02% siswa yang tuntas. Ketuntasan belajar peserta didik meningkat pada siklus I dengan rata-rata 58,59, namun hanya 11,11% peserta didik yang tuntas sehingga perlu memperbaiki dan melengkapinya pada siklus selanjutnya. Ketuntasan belajar pada siklus II yaitu dengan rata-rata 82,59, dan 85,18% peserta didik yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  metode  penerapan metode sima’I dan mind mapping dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Surah Al-Alaq ayat 1-5 di kelas III SDN 38 Hulontalangi, Kecamatan Hulontlalangi, Kota Gorontalo.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Mulyono. (2021). PENERAPAN METODE SIMA’I DAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI AL-QUR’AN DAN HADIS. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 625–646. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5578