MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA FLASH CARD DI KELAS 2 SDN 5 KOTA BARAT
Abstract
Pendidikan dasar memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk fondasi ilmu bagi siswa, terutama dalam pengenalan huruf hijaiyah, yang merupakan dasar untuk mempelajari Al-Qur'an dan bahasa Arab. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengenal huruf hijaiyah, yang menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan siswa mengenal huruf hijaiyah di kelas 2 SDN 5 Kota Barat. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Dampak penelitian ini tidak hanya terlihat dari hasil belajar, tetapi juga dari peningkatan minat dan motivasi siswa dalam belajar huruf hijaiyah.