MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL TRHOWING DI KELAS V

Authors

  • Nurain Ali SDN No. 32 Kota Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Asmaul Husna di kelas V SDN 32 Kota Selatan dengan menerapkan metode pembelajaran Snowball Throwing. Metode ini diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan fokus pada peningkatan aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Aktivitas guru meningkat dari 75% menjadi 83,6%, sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 75% menjadi 83,6%. Rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan dari 78 pada siklus I menjadi 93 pada siklus II. Dengan demikian, metode Snowball Throwing terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Nurain Ali. (2021). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL TRHOWING DI KELAS V. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 693–700. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5582