PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SALAT JUMAT KELAS IV

Authors

  • Siti Sarah H. Wakano Sekolah Dasar Negeri 72 Kota Tengah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Salat Jumat melalui model Role Playing. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 4 SDN No. 72 Kota Tengah Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa model Role Playing berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Salat Jumat pada peserta didik kelas 4 Semester 1 di SDN No. 72 Kota Tengah. Hal ini terlihat pada pencapaian yang dilakukan disetiap siklus, pada siklus I diperoleh nilai hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilainya adalah 66 dengan persentase ketuntasan 67% sedangkan aktivitas peserta didik berada pada angka 69.6. Pada siklus II peserta didik mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 94 dengan persentase 100% dengan aktivitas peserta didik berada pada angkat 95.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Siti Sarah H. Wakano. (2021). PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SALAT JUMAT KELAS IV . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 721–730. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5585