IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FATHU MEKAH KELAS V SDN NO.78 KOTA TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya materi Fathu Mekah melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di kelas V SDN No. 78 Kota Tengah pada tahun ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Model Discovery Learning dipilih karena berfokus pada pembelajaran aktif, di mana siswa diarahkan untuk menemukan konsep secara mandiri melalui proses pengamatan, diskusi, dan pemecahan masalah.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V SDN No. 78 Kota Tengah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Discovery Learning. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 25%, sedangkan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 86,67%. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan partisipasi aktif dalam pembelajaran, peningkatan kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar yang lebih baik. Penerapan Discovery Learning juga memfasilitasi siswa untuk lebih memahami materi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, khususnya materi Fathu Mekah. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru-guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.