UPAYA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERJUANGAN KHULAFAURASYIDIN DALAM SYIAR ISLAM DI KELAS VI SD NEGERI 1 KOSINGGOLAN

Authors

  • Hana Safitri Tayeb SDN 1 Kosinggolan

Keywords:

hasil belajar, model Problem Based Learning, PAI dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perjuangan Khulafaurasyidin Dalam Syiar Islam mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah fase C SDN 1 Kosinggolan 2023, yang terdiri dari 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam model pembelajaran Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Perjuangan Khulafaurasyidin Dalam Syiar Islam. Penerapan model pembelajaran pada siklus I sebanyak 16 siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran hanya 8 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 65,3. Dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83,56. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Peningkatan ini terlihat baik dari sisi aktivitas maupun nilai akademik. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Tayeb, H. S. (2024). UPAYA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERJUANGAN KHULAFAURASYIDIN DALAM SYIAR ISLAM DI KELAS VI SD NEGERI 1 KOSINGGOLAN. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 659–668. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6156