MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MAKE A MACTH MATERI BELAJAR AL-QURÁN DAN HADIS KELAS VI DI SDN 2 RESETTLEMENT MOPUYA

Authors

  • Linda Fitriya SDN 2 Resettlement Mopuya

Keywords:

Hasil belajar, Make A Mactch, Al-Quráan dan Hadis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Al-Quraán Hadis Melalui Metode Make A Match. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C1 Kelas V SDN 2 Resettlement Mopuya  Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Make A Match berhasil meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Al-Quraán Hadis. Sebelum diterapkannya metode Make A Match pemahaman siswa secara klasikal hanya 4 siswa (85%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70,27 Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 4 siswa (75%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.27 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 95.00 Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Fitriya, L. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MAKE A MACTH MATERI BELAJAR AL-QURÁN DAN HADIS KELAS VI DI SDN 2 RESETTLEMENT MOPUYA . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 701–716. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6160