PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ZAKAT FITRAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Hartatik SDN II Tomohon

Keywords:

hasil belajar, model pembelajaran problem based learning, , PAI dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi zakat fitrah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Poblem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah Fase C Kelas V SDN II Tomohon, yang terdiri dari 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Model pembelajaran Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi zakat fitrah. Sebelum diterapkannya Model pembelajaran Problem Based Learning hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 4 peserta didik (36,3%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 7 peserta didik (63.3%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73.63 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 peserta didik (90,9%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87.27. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Hartatik. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ZAKAT FITRAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 732–750. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6162