MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN METODE POSTER COMMENT PADA MATERI MARI MENGENAL RUKUN IMAN
Keywords:
Poster Comment, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Rukun ImanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Mari Mengenal Rukun Iman" dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penerapan metode Poster Comment. Metode Poster Comment dipilih karena dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa, serta memfasilitasi pemahaman mereka melalui visualisasi dan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 1 SD dengan jumlah subjek 10 peserta didik. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara, serta dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, yang ditandai dengan peningkatan nilai tes dan keaktifan siswa dalam berdiskusi. Metode Poster Comment berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif, meningkatkan pemahaman konsep rukun iman, serta memperbaiki sikap dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Poster Comment efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi rukun iman di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.