PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT AMANAH DAN JUJUR DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PASSI
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Problem Based Learning, PAI dan Budi PekertiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sifat Amanah dan Jujur melalui metode Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMP Negeri 3 Passi Tahun ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 10 Peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sifat Amanah dan Jujur. Sebelum diterapkannya metode Prolem Based Learning hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 siswa orang 30% yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 38,8%. Setelah diterapkan Metode tersebut pada siklus 1 sebanyak 7 peserta didik (70%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 78,5 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 100. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.