PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI MENELADANI JASA KHALIFAH USMAN BIN AFFAN DAN ALI BIN ABI THALIB MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VI SDN 2 MUNTOI

Authors

  • Chely Mokodompit SDN 2 Muntoi

Keywords:

hasil belajar, metode Market Jigsaw, PAI dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Meneladani Jasa Khalifah Usman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Jigsaw. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C  SDN 2  Muntoi Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 14  peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Meneladani Jasa Khalifah Usman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib. Sebelum diterapkannya metode Jigsaw hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (21%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 44.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 siswa (57%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 65.4 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86.00. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Mokodompit, C. (2024). PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI MENELADANI JASA KHALIFAH USMAN BIN AFFAN DAN ALI BIN ABI THALIB MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VI SDN 2 MUNTOI . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 25–37. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6171