PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI LOLAYAN
Keywords:
Media Audio Visual, Hasil Belajar, Asyiknya Belajar Kisah Nabi Nuh asAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asyiknya Belajar Kisah Nabi Nuh as. kelas II di SD Negeri Lolayan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Lolayan yang berjumlah 13 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari tes, dan data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus yang sesuai dengan kriteria aktivitas yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada pra siklus atau sebelum menggunakan media audio visual adalah 69,23 dengan presentase ketuntasan 46% dan tergolong kategori kurang. Pada siklus I setelah menggunakan media audio visual nilai rata-rata siswa adalah 90,38 dengan presentase ketuntasan 84,61% dan tergolong kategori baik. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa adalah 96,15 dengan presentase ketuntasan 100%. Dengan demikian penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asyiknya Belajar Kisah Nabi Nuh as. kelas II SD Negeri Lolayan.