MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BERLOMBA-LOMBA DALAM KEBAIKAN DI KELAS X SMKN 1 KOTAMOBAGU
Keywords:
Hasil belajar, Model pembelajaran Problem Based Learning, PAI dan Budi PekertiAbstract
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning) 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Analisis data ini dilakukan dengan menggunakan rumus presentase yaitu: Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Berlomba-lomba dalam Kebaikan Pada pra siklus sebelum diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 59. Setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut pada siklus I: sebanyak 6 peserta didik (60 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64,1 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 9 peserta didik (90 %) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88.0 Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning . Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran