MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MASA KEEMASAN ISLAM ERA DAULAH ABBASIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Keywords:
Hasil belajar, Problem Based Learning, Daulah AbbasiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sejarah Islam khususnya Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 2 Lolak yang menghadapi tantangan dalam motivasi belajar dan pencapaian hasil belajar yang masih rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang masing-masing mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, dan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, model PBL dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran sejarah di sekolah