MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COLLBOLATIVE LEARNING PADA MATERI AKHLAK TERHADAP ORANG TUA KELAS IV SD NEGERI MALA KAB KEPULAUAN SANGIHE
Keywords:
hasil belajar, metode collaborative learning, akhlak terhadap orang tuaAbstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akhlak terhadap orag tua mata pelajaran Agama Islam dan budi pekerti fase B Kelas IV SDN Mala Kabupaten Kepulauan Sangihe Tahun Pelajaran 2023/ 2024 dengan menggunakan model pembelajaran collabortive learning. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Model Spiral Kemmis dan Taggart yang dalam alur penelitiannya yakni meliputi langkah- langkah: 1) Perencanaan (plan) 2) Melaksanakan tindakan (act) 3) Melaksanakan pengamatan (observe), dan 4) Mengadakan refleksi/ analisis (reflection), Peneitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa fase B kelas IV SDN Mala yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes , observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran collaborative laerning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Akhlak terhadap orang tua . Sebelum diterapkannya metode collaborative learning hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal hanya 6 siswa (64%) dengan nilai rata-rata 74,2. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I yang tuntas secara klasikal dalam pembelajaran sebanyak 8 siswa (72%) dengan nilai rata-rata 81,9 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa tuntas dalam pembelajaran (94%) dengan nilai rata-rata 87,8 Penggunaan model pembelajaran ini membuat siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti