MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COLLBOLATIVE LEARNING PADA MATERI AKHLAK TERHADAP ORANG TUA KELAS IV SD NEGERI MALA KAB KEPULAUAN SANGIHE

Authors

  • Saenuddin SD NEGERI MALA

Keywords:

hasil belajar, metode collaborative learning, akhlak terhadap orang tua

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akhlak terhadap orag tua mata pelajaran Agama Islam dan budi pekerti fase B Kelas IV SDN Mala Kabupaten Kepulauan Sangihe Tahun Pelajaran 2023/ 2024 dengan menggunakan model pembelajaran collabortive learning. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Model Spiral Kemmis dan Taggart yang dalam alur penelitiannya yakni meliputi langkah- langkah: 1) Perencanaan (plan) 2) Melaksanakan tindakan (act) 3) Melaksanakan pengamatan (observe), dan 4) Mengadakan refleksi/ analisis (reflection), Peneitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa fase B kelas IV SDN Mala yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes , observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran collaborative laerning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Akhlak terhadap orang tua . Sebelum diterapkannya metode collaborative learning hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal hanya 6 siswa (64%) dengan nilai rata-rata 74,2. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I yang tuntas secara klasikal dalam pembelajaran sebanyak 8 siswa (72%) dengan nilai rata-rata 81,9 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa tuntas dalam pembelajaran (94%) dengan nilai rata-rata 87,8 Penggunaan model pembelajaran ini membuat siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Saenuddin. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COLLBOLATIVE LEARNING PADA MATERI AKHLAK TERHADAP ORANG TUA KELAS IV SD NEGERI MALA KAB KEPULAUAN SANGIHE. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 221–234. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6187