MENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENJADI PRIBADI BERINTEGRITAS PERILAKU AMANAH DAN JUJUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NUSA TABUKAN

Authors

  • Meriana Dolonsana SMP NEGERI 1 NUSA TABUKAN

Keywords:

Hasil belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada Materi Menjadi Pribadi Berintegritas Perilaku Amanah dan Jujur pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Model Pembelajaran Problem Based  Learning (PBL). Adapun Subjek dalam Penelitian ini adalah Peserta didik Fase D Kelas VIII SMP Negeri 1 Nusa Tabukan terdiri dari 10 Siswa.  Hasil Penelitian ini menunjukkan hasil belajar peserta didik kls VIII SMP Negeri 1 Nusa Tabukan setelah  terlihat bahwa pada siklus 1 yaitu nilai rata-rata ketuntasan 73, 8 dan Siklus II yaitu nilai rata-rata 97 %. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan  hasil belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Menjadi Pribadi Berintegritas Perilaku Amanah dan Jujur. Antara sebelum dilakukan penelitian Tindakan kelas dan sesudah dilakukan penelitian Tindakan kelas  menggunakan Model Problem Based Learning (PBL).

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Dolonsana, M. (2024). MENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENJADI PRIBADI BERINTEGRITAS PERILAKU AMANAH DAN JUJUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NUSA TABUKAN. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 247–257. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6191