PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Ferawati Bolota SDN 3 Kaidipang

Keywords:

Hasil belajar, Metode Two Stay Two Stray, PAI dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi iman kepada hari akhir mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode two stay two stray. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C kelas V SDN 3 Kaidipang Tahun Pelajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Two Stay Two Stray berhasil meningkatkan gasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Hari Akhir. Sebelum diterapkannya metode Two Stay Two Stray hasil belajar peserta didik hanya 1 peserta didik (10%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus 1 sebanyak 4 peserta didik (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72.0. dan pada siklus 2 terjadi peningkatan sebanyak 9 peserta didik (90%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81.0. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Bolota, F. (2024). PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 283–293. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6194