MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MARKET PLACE ACTIVITY DENGAN PENDEKATAN TPACK PADA MATERI TOLERANSI MATA PELAJARAN PAI KELAS XI SMAN 2 KOTAMOBAGU
Keywords:
Market Place Activity, TPACK, Hasil Belajar, ToleransiAbstract
Artikel ini merupakan hasil Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang peneliti laksanakan pada kelas XI mata pelajaran PAI, semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 di SMAN 2 Kotamobagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada toleransi melalui penggunaan metode market place activity dengan pendekatan TPACK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Kotamobagu yang berjumlah 12 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara berkesinambungan melalui 2 siklus, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi/pengamatan dan tahap refleksi yang hasilnya mengindikasi peningkatan hasil belajar siswa melalui observasi dan dilihat dari ketuntasan hasil belajar. Sesuai dengan hasil pra tindakan nilai rata-rata peserta didik hanya berkisar 53,33 dan ini masih dikatakan kurang dari nilai standar ketuntasan yakni 75. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar terlihat pada nilai hasil belajar peserta didik yang berkisar 69,08 dengan presentase ketuntasan belajar 76,16% tapi masih belum bisa dikatakan berhasil karena masih ada siswa yang belum mencapai nilai standar ketuntasan, sedangkan pada siklus II sudah berhasi dilihat hasil belajar peserta didik sudah meningkat dibandingkan dari hasil pra tindakan dan siklus I yakni 83,08 dengan presentase ketuntasan belajar 91,66% dari 12 orang peserta didik. Dengan demikian dengan penggunaan metode market place activity dengan pendekatan TPACK ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kotamobagu