FILSAFAT PRAGMATISME: MENINJAU ULANG INOVASI PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Musli Ishak Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Mujahid Damopolii IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Adnan IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Nazar Husain IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Pragmatisme, Inovasi, Pendidikan Islam

Abstract

Artikel ini di latar belakangi oleh kenyataan bahwa inovasi pendidikan di Indonesia masih rendah, hal ini tercermin dari daya saing SDM Indonesia yang masih lemah jika jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara. Hadirnya teori pragmatisme diharapkan mampu menjadi alternatif teoritis pendekatan inovasi pendidikan Islam. Artikel ini berupaya memformulasikan desain dan proses inovasi Pendidikan Islam berdasarkan penelitian dan studi pustaka yang bersifat kualitatif. Artikel ini merupakan telaah filosofis sebagai upaya mengkonstruksi proses inovasi Pendidikan Islam dalam perspektif filsafat Islam dan pragmatisme. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses inovasi adalah keniscayaan. Dalam perspektif Islam aqidah sohihah menjadi kunci dan langkah awal dalam menemukan kemurnian inovasi pendidikan Islam. Sedangkan pragmatisme menawarkan proses inovasi pendidikan Islam berdasarkan langkah-langkah sistematis yang dimulai dari kritik reflektif, diagnosis, inventarisasai, perenungan, pengujian hipotesis, analisis publik, dan terakhir implementasi.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Ishak, M., Damopolii, M., Adnan, & Husain, N. (2025). FILSAFAT PRAGMATISME: MENINJAU ULANG INOVASI PENDIDIKAN ISLAM. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 1–16. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6271