Prospek Pendidikan Islam Di Indonesia

(Tantangan dan Peluang)

Authors

  • Suleman Towaka Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Mujahid Damopolii IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Adnan IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Nazar Husain IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Pendidikan Islam, Tantangan, Peluang

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan moral umat, serta memperkuat identitas keagamaan di tengah tantangan globalisasi dan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prospek pendidikan Islam di Indonesia dengan mempertimbangkan tantangan dan peluang yang ada. Tantangan yang dihadapi meliputi permasalahan terkait dengan kualitas pendidikan, kurikulum yang belum sepenuhnya relevan dengan kebutuhan zaman, serta keterbatasan fasilitas dan tenaga pendidik yang berkualitas. Sementara itu, peluang untuk pengembangan pendidikan Islam di Indonesia sangat terbuka lebar, terutama dengan kemajuan teknologi, meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, serta dukungan kebijakan pemerintah dalam memperkuat sistem pendidikan Islam. Melalui pendekatan yang inovatif dan adaptif, pendidikan Islam dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam membentuk generasi yang kompeten secara akademik dan kuat dalam nilai-nilai agama. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan perlunya reformasi dalam kurikulum, peningkatan kualitas pengajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar di lembaga pendidikan Islam di Indonesia.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Towaka, S., Damopolii, M., Adnan, & Husain, N. (2025). Prospek Pendidikan Islam Di Indonesia: (Tantangan dan Peluang). Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 17–30. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6272