Urgensi Sanad dalam Naskah Sejarah Nabi (Studi Metodologi Penyusunan kitab "Dala'il an-Nubuwah wa Ma'rifah Ahwal Shahib as-Syariah" Karya Imam Abu Bakar al Baihaqi)

Main Article Content

Syahril Djaafara

Abstract

Perbedaan mendasar antara kitab-kitab sirah dengan kitab karangan Imam Baihaqi berjudul “Dalai’il Nubuwah” adalah bahwa sesungguhnya kitab sirah membahas sejarah hidup Nabi Saw dari sebelum kelahirannya hingga masa meninggalnya. Sementara kitab “Dala’il Nubuwah” menetikberatkan pada peristiwa-peristiwa tertentu yang memperkuat pengutusan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Kitab Dala’il juga dikenal dan diterima secara luas sebagai rujukan karena dalam membahas peristiwa-peristiwa tersebut selalu disertai dengan sanad. Inilah yang membedakan kitab tersebut dengan kitab-kitab lainnya.

Article Details

How to Cite
Djaafara, S. (2019). Urgensi Sanad dalam Naskah Sejarah Nabi: (Studi Metodologi Penyusunan kitab "Dala’il an-Nubuwah wa Ma’rifah Ahwal Shahib as-Syariah" Karya Imam Abu Bakar al Baihaqi). Farabi, 12(2). Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/fa/article/view/795
Section
Articles