Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kearifan Lokal Bolaang Mongondow (Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban)

Authors

  • Ovenly Utomo Silangen Pendidikan Agama Islam
  • Mujahid Damopolii IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Said Subhan Posangi IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Nilai-Nilai, Pendidikan Agama Islam, Kearifan Lokal, Bolaang Mongondow

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam kearifan lokal Bolaang Mongondow (Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban) dan Implikasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN I Kotamobagu. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data yaitu, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, display dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kearifan lokal Bolaang Mongondow (Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban) sarat akan nilai-nilai pendidikan Agama Islam, karena mengandung perintah-perintah Allah SWT dalam rangka pembentukan akhlak manusia secara horizontal. Implikasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN I Kotamobagu yakni pembentukan akhlak siswa menjadi lebih baik. Siswa memiliki sikap saling menghargai dan menghormati serta memiliki rasa kekeluargaan dan kedekatan emosional yang tinggi diantara mereka, baik antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru.

Published

2022-02-01

How to Cite

Silangen, O. U., Damopolii, M. ., & Posangi, S. S. . (2022). Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kearifan Lokal Bolaang Mongondow (Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban). Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 4(1), 30–36. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/1230