Kontribusi Pemanfaatan TIK Era Society 5.0 Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pemanfaatan TIK pada era Society 5.0 terhadap pencapaian nilai indeks prestasi mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo, Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian adalah mahasiswa jurusan PAI Semester 2 dan 4 pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial berupa analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi antara peanfaatan tik era society 5.0 terhadap hasil pencapain IP mahasiswa jurusan PAI memiliki hubungan yang signifikan dan tingkat hubungannya kuat dimana kontribusi sebesar 53.5%. Hal ini menunjukkan pemanfaatan teknologi memiliki kontribusi yang baik untuk mencapai Indeks Prestasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam dilingkungan IAIN Gorontalo.