Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Data Informasi Knowledge dan Wisdom Hasil Riset Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Marlin Saleh IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
  • Kasim Yahiji IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Artikel ini membahas tentang metode penulisan yang menitik beratkan pada Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Data Informasi Knowledge dan Wisdom Hasil Riset Mata Pelajaran PAI" adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis data informasi knowledge dan wisdom hasil riset pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat analisis. Penelitian kepustakaan yaitu peneliti berusaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, kemudian terdapat analisa dan interpretasi atau pengisian terhadap data tersebut. Pembahasan ini merupakan pembahasan naskah, pengumpulan datanya diperoleh melalui sumber literatur, yaitu melalui penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran PAI, konsep DIKW atau Data, Information, Knowledge, dan Wisdom dapat digunakan untuk mengelola informasi dan pengetahuan yang diperoleh agar dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan menggunakan metode-metode seperti wawancara, observasi, dokumentasi, angket, atau tes. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menjadi informasi yang akurat dan berguna dengan menggunakan konsep DIKW. Informasi tersebut kemudian diolah menjadi pengetahuan yang lebih dalam dan akurat dengan memperhatikan tiga komponen utama dalam proses pembelajaran PAI, yaitu kondisi pembelajaran, metode pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Penggunaan teknologi dan inovasi pembelajaran juga dapat membantu dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran PAI

Published

2024-08-27

How to Cite

Saleh, M., & Yahiji, K. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Data Informasi Knowledge dan Wisdom Hasil Riset Mata Pelajaran PAI. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 6(2), 70–79. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4478

Issue

Section

Articles