Pola Pembinaan Panti Asuhan dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak

Studi Etnografi Panti Asuhan Marhamah Kota Gorontalo

Authors

  • Darnisa Ahmad

Keywords:

Pola pembinaan, perilaku sosial, anak

Abstract

Perilaku sosial anak erat kaitannya dengan pola pembinaan yang mereka terima pada lingkungan, tidak terkecuali dengan anak yang berada di panti asuhan Marhamah. Pola pembinaan yang diterapkan di panti asuhan Marhamah adalah pola asuh semi demokratis. Pola asuh demokratis tidak dapat sepenuhnya diberlakukan karena pada situasi dan kasus tertentu, para pengasuh menerapkan pola asuh permisif dan otoriter. Pola asuh permisif diterapkan pada anak-anak asuh usia SD dan TK, sementara pola asuh otoriter diterapkan pada anak usia MTs dan MA. Selain ketiga pola asuh yang dikembangkan Hurlock, panti asuhan Marhamah sangat menekankan pada penerapan metode keteladanan.

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

Ahmad, D. (2017). Pola Pembinaan Panti Asuhan dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak: Studi Etnografi Panti Asuhan Marhamah Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 2(1), 12–35. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/670