Pembaruan Pendidikan Islam: Studi atas Teologi Sosial Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan

Authors

  • Leyan Mustapa

Keywords:

Pembaruan, Pendidikan Islam, Teologi Sosial, K.H. Ahmad Dahlan

Abstract

Pendidikan Islam hendaknya diarahkan pada usaha membentuk manusia muslim yang berbudi pekerti luhur, ’alim dalam agama, luas pandangan dan paham masalah ilmu keduniaan, serta bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakatnya. K.H. Ahmad Dahlan memiliki tujuan untuk menjadikan pendidikan yang ada di dalamnya sebagai pendidikan yang mampu merubah anak didik ke arah yang di harapkan, yaitu sebagai khalifah Allah di muka bumi, dan sekaligus responsif terhadap tuntutan perkembangan zaman. Itulah pendidikan Muhammadiyah yang di kenal memiliki perpaduan antara idealisme dan konteks perkembangan zaman dalam pengembangan pendidikan.

K.H. Ahmad Dahlan mengintegrasi sistem pendidikan yaitu memadukan ilmu agama Islam dan ilmu umum, sebab keduanya memiliki kedudukan yang sama dan berada dalam naungan Islam

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

Mustapa, L. (2017). Pembaruan Pendidikan Islam: Studi atas Teologi Sosial Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 2(1), 90–111. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/674