Hubungan Persepsi Guru PAI terhadap Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di-Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Kota Gorontalo

  • Rustam Hasyim
Keywords: Persepsi, Guru, PAI, ICT

Abstract

Membangun persepsi guru PAI terhadap pendidikan agama Islam berbasis ICT  di-era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan suatu varian yang mempengaruhi dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam berbasis ICT di Kota Gorontalo. Metode penelitian  menggunakan analisis data kombinasi (MixedMethods) dengan model Squential Explanatory Design, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian kuantitatif pada tahap pertama dan memperluas, memperdalam serta membuktikan data kuantitatif dengan data kualitatif pada tahap kedua. Hasil temuan dalam penelitian ini mendeskripsikan bahwa (1) kualitas pendidikan agama Islam berbasis ICT di Kota Gorontalo diperoleh nilai  porsentasi sebesar = 85,6%, (2) persepsi guru PAI terhadap pendidikan agama Islam berbasis ICT diperoleh nilai porsentasi sebesar = 80,9 %. (3) terdapat hubungan yang signifikansi antara persepsi guru PAI terhadap pendidikan agama Islam berbasis ICT dengan  peningkatan kualitas pendidikan dengan tingkat korelasi mencapai 98,6%. Perbandingan data kuantitatif dan kualitatf secara keseluruhan menyimpulkan bahwa persepsi guru PAI terhadap pendidikan agama Islam berbasis ICT dalam meningkatkan kualitas pendidikan (PAI berbasis merupakan varian/faktor yang mempengaruhi sikap dan pengetahuan guru PAI dalam menentukan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di-era MEA.

Published
2018-06-01
How to Cite
Hasyim, R. (2018). Hubungan Persepsi Guru PAI terhadap Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di-Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 79-138. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/688