Analisis Penggunaan Labelisasi Halal pada Produk Minuman Mixue dalam Meningkatkan Kepecayaan Konsumen Muslim di Kota Medan

Authors

  • Rosmaliza Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Yafiz Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v19i1.3545

Keywords:

Mixue, Halal Label, Muslim Consumers

Abstract

This study aims to analyze the level of trust of Muslim consumers in Medan City towards Mixue beverage products before and after the application of halal labeling. The research method used is a qualitative method with a descriptive analysis approach. The results of this study indicate that the halal label is very important for Muslim consumers in choosing and buying products, including Mixue beverage products. This is because it is believed that products that have received the halal label have gone through a strict certification process and are in accordance with Islamic sharia principles. In addition, the halal label also gives confidence to Muslim consumers that the product is safe and halal for consumption. Apart from the halal label, this study also found that other factors such as product quality, price, and promotion also influence the decision of Muslim consumers to buy Mixue drinks. However, overall the halal label remains an important factor that producers must pay attention to in marketing Mixue beverage products to Muslim consumers in Medan City. Overall, this research provides useful information for producers in developing appropriate marketing strategies for Mixue beverage products in Medan City.

Author Biographies

Rosmaliza Lubis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

 

Muhammad Yafiz, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

 

References

Aminah, S., & Amini, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada Produk Minuman. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(1), 1-13.

Chuzaimah Batubara & Isnaini Harahap. 2022. Halal Industry Development Muslims’ Responses and Sharia Compliance in Imdonesia. UIN Sumatera Utara

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Tafsirnya. 2009. Jilid 3. Cet.III; Jakarta: Lembaga Percetakan al-Qur’an Departemen Agama.

Fithri Dzikrayah. 2020. Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Konsumsi Food And Beverage Pada Masa Pandemi Covid-19. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fithri, R., & Cholil, M. (2019). Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada Produk Makanan dan Minuman (Studi Kasus: Konsumen di Kota Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 6(4), 311-328.

Heriyanto, N. (2020). Pengaruh Label Halal, Harga dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim (Studi Kasus pada Konsumen Muslim di Kota Yogyakarta). Jurnal Akuntansi, 24(2), 171-184.

Iis Sutardi. 2019. Analisis Persepsi Konsumen Tentang Labelisasi Halal Pada Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan Ditinjau Perspektif Ekonomi Syariah Di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 8(1): 77-88.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi ke 13. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Latiff, Z.A.A., Rezai, G., Mohamed, Z. dan Ayob, M.A. 2015. Food labels’ Impact Assesment on Consumer Purchasing Behavior in Malaysia. Journal of Food Products Marketing, Vol No 1: 1-14

Lestari, E., & Suhud, U. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Halal pada Konsumen Muslim di Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 124-135.

Muhammad Yafiz. Hubungan Antara Ekonomi Dan Hukum Dalam Islam. UIN Sumatera Utara.

Noviani, E., & Handayani, R. (2018). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 4(2), 57-68.

Putri, D. A., & Handayani, R. (2019). Pengaruh Label Halal, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada Produk Minuman. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 6(11), 957-971.

Rachmawati, E., & Riasari, N. L. (2019). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Minuman Kemasan dalam Kaleng). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 70(1), 225-234.

Rangkuti. 2010. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan (Snack Merek Chitato) pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Siswanto, N. R., & Bahagia, S. N. (2018). Pengaruh Label Halal dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen Muslim pada Produk Minuman. Jurnal Administrasi Bisnis, 61(1), 53-61.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukesti, F. dan Mamdukh B. 2014. The Influence Halal Label And Personal Religiousity On Purchase Decision On Food Products In Indonesia. International Journal of Business, Economics and Law, 1(4): 150-153.

Suwandi, M. T., & Lestari, I. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal, Kesadaran Halal, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim (Studi pada Produk Minuman Ringan di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 70(1), 159-166.

Warto, Samsuri. 2020. Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Journal of Islamic Economics and Banking 2(1): 98-112.

Wicaksono, A. R., & Darmawan, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada Produk Minuman Ringan (Studi Kasus: Konsumen Muslim di Kota Bandung). Jurnal Manaj Pujianto, D. S., & Asih, P. P. (2019). Pengaruh Label Halal dan Kesadaran Halal terhadap Minat Beli Produk Makanan dan Minuman di Surabaya. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 186-201.emen Pemasaran, 11(2), 132-143.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Lubis, R. ., & Yafiz, M. . (2023). Analisis Penggunaan Labelisasi Halal pada Produk Minuman Mixue dalam Meningkatkan Kepecayaan Konsumen Muslim di Kota Medan. Al-Buhuts, 19(1), 547–565. https://doi.org/10.30603/ab.v19i1.3545

Issue

Section

Articles