Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di IAIN Parepare

Authors

  • Suherman Suherman

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v13i2.891

Keywords:

price, place, promotion, people, process, physical evidence

Abstract

Peneltian ini dilakukan dengan tujuan untuk : (1) Menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran 7P yang meliputi product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), process (X6),  dan physical evidence (X7) terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di IAIN Parepare; (2) Menguji dan menganalisis variabel mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di IAIN Parepare.

Penelitian ini menggunakan data primer melalui survey sebanyak 100 orang sebagai sampel dari seluruh mahasiswa semester tiga IAIN Parepare pada tahun pelajaran 2017-2018. Survey dilakukan dari bulan Agustus s.d. September 2018. Data dianalisis melalui analisis regresi linier berganda dengan penggunakan program SPSS 21 Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Product berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan Mahasiswa memilih kuliah di IAIN Parepare; (2) price  berpengaruh negatif atau tidak berpengaruh terhadap keputusan Mahasiswa memilih kuliah di IAIN Parepare; (3) place berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan Mahasiswa memilih kuliah di IAIN Parepare; (4) promotion berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan Mahasiswa memilih kuliah di IAIN Parepare; (5) people berpengaruh negatif atau tidak berpengaruh terhadap keputusan Mahasiswa memilih kuliah di IAIN Parepare; (6) process berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan Mahasiswa memilih kuliah di IAIN Parepare; (7) physical evidence berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan Mahasiswa memilih kuliah di IAIN Parepare; (8) Promotion merupakan variabel paling berpengaruh terhadap keputusan Mahasiswa memilih kuliah di IAIN Parepare.

Downloads

Published

2017-12-31

How to Cite

Suherman, S. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di IAIN Parepare. Al-Buhuts, 13(2), 14–34. https://doi.org/10.30603/ab.v13i2.891

Issue

Section

Articles