Analisis Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Pada Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dunda Gorontalo

  • Mahfiza Mahfiza
Keywords: Sistem Akuntansi, Penerimaan Kas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai penerapan sistem akuntansi penerimaan kas pada rawat inap rumah sakit umum Dunda Kabupaten Gorontalo. Metode analisis yang digunakan adalah analisis dekriptif kualitatif dengan mengambil data sekunder pada bagian kasir dan piutang serta prosedur pelayanan  rawat inap rumah sakit Dunda kabupaten Gorontalo mulai dari penerimaan pasien, pelayanan medis/penunjang medis, pelayanan perawatan, pelayanan obat hingga pelayanan adminstrasi keuangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUD Dr.M.M Dunda Limboto mempunyai struktur organisasi yang tertulis sehingga telah jelas adanya garis wewenang dan tanggung jawab serta pembagian kerja fungsional. Setiap fungsi sudah dijalankan dengan cukup baik oleh masing-masing bagian, dokumen-dokumen yang digunakan pada sistem akuntansi penerimaan kas instalasi rawat inap pada RSUD Dr.M.M Dunda Limboto sudah memadai Setiap dokumen yang digunakan sudah terdapat otorisasi oleh pejabat yang berwenang. Pencatatan akuntansi telah menjamin bahwa semua transaksi yang terjadi dicatat sebagaimana mestinya dan didukung oleh dokumen pendukung yang telah diotorisasi oleh pihak yang berwenang. Prosedur yang dilaksanakan sudah sesuai dengan protap yang telah dibuat oleh RSUD Dr.M.M Dunda Limboto serta prosedur penatausahaan bendahara penerimaan yang tertera dalam Peraturan Bupati Tahun 2012 tentang organisasi  dan  tata  kerja   rumah  sakit  umum  daerah  Dr. M.M. Dunda  Limboto  Kabupaten  Gorontalo.

Published
2017-12-31
How to Cite
Mahfiza, M. (2017). Analisis Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Pada Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dunda Gorontalo. Al-Buhuts, 13(2), 35-52. https://doi.org/10.30603/ab.v13i2.901

Mailing Address :

  • Kampus I,  LP2M Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo
    Jl. Gelatik No. 1 Kota Utara Kota Gorontalo Indonesia
  • Kampus II, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo.  Jl. Sultan Amai, Kel. Pone, Kec. Limboto Barat, Kab. Gorontalo Indonesia.