A Analisis Pengaruh Kebijakan Stimulus Pemerintah Terhadap Meningkatnya Penjualan Mobil Pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Zahran Alwi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Yafiz Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v18i2.2921

Kata Kunci:

Penjualan Mobil, Insentif Pajak, Pajak, PPnBM

Abstrak

Pandemi Covid-19 hampir melumpuhkan seluruh kegiatan yang ada di seluruh Indonesia, yang secara nyata juga mengganggu aktivitas ekonomi nasional. Untuk membangkitkan kembali ekonomi nasional sekaligus tetap mempertahankan tingkat kesehatan perekonomian di tengah pandemi, pemerintah telah menerbitkan beragam regulasi dan kebijakan mengupayakan pemulihan ekonomi sehingga roda ekonomi nasional kembali bergerak ke arah positif. Salah satu strategi kebijakan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi adalah PMK Nomor – 20/PMK.010/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak inisiatif stimulus pemerintah terhadap peningkatan penjualan mobil di masa pandemi Covid-19. Salah satu strategi yang dilakukan pemerintah adalah perluasan PPnBm terhadap perusahaan mobil yang namanya terdaftar di GAIKINDO. Pendekatan analisis deskriptif digunakan. Menurut hasil penelitian, insentif PPnBM memiliki pengaruh yang menguntungkan terhadap penjualan mobil, dengan perbedaan yang cukup besar antara penjualan mobil sebelum dan sesudah insentif. Hal ini menggambarkan efektivitas perusahaan dalam menggunakan program pemerintah untuk mendongkrak penjualan mobil, salah satunya adalah kebijakan insentif PPnBM untuk penjualan mobil baru-baru ini.

Referensi

Rohman, Miftahur. 2015. Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Bawang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen (Studi Kasus di KPP Pratama Cirebon). Universitas Komputer Indonesia.

Devi Pramestri, S. A. P., & Supadmi, N. L. (2017). PENGARUH PPN, PPnBM, DAN PKB TARIF PROGRESIF PADA DAYA BELI KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT. E-Jurnal Akuntansi, 18(1), 674–704.

Ratnasari, Ida Ayu Putri; Setiawan, P. E. (2016). Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Kendaraan Bermotor Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Kendaraan di Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 15.2, 887–914.

Aswati, W. O., Mas’ud, A., & Nudi, T. N. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor UPTB SAMSAT Kabupaten Muna). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 27–39.

Hasibullah, N. A., Mursalim, M., & Su’un, M. (2020). Analisis Pengaruh PPn, PPnBM, dan PKB dengan Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Di Makassar. Journal of Accounting and Finance (JAF), 1(1), 86–101. https://doi.org/10.52103/jaf.v1i1.119

Terhadap, D. T. P., Mobil, P., Perusahaan, P., Di, O., & Wibowo, D. (n.d.). ANALISIS PEMANFAATAN SEBELUM DAN SESUDAH INSENTIF PPnBM-.

Gaikindo. (2019). Gaikindo Wholesales Data 2019. 1–3. https://www.gaikindo.or.id/indonesian-automobile-industry-data/

Sari, Kartika. 2021. Penjualan Daihatsu Melonjak Drastis di Medan Setelah Pemberlakuan Insentif PPnBM, Terios Paling Laku. Tribun-Medan, https://medan.tribunnews.com/2021/03/08/penjualan-daihatsu-melonjak-drastis-setelah-pemberlakuan-insentif-ppnbm-mobil-terios-paling-laku

Soejarwati, Indupurnahayu, & Aminda, R. S. (2022). Analisa Kompartif Volume Penjualan Kendaraan Baru Sebelum Dan Sesudah Diterapkan Insentif Pajak PPnBM Periode Januari – Mei 2021. Inivator Jurnal Manajemen, 11(1), 69–72.

Indirayuti, A. (2019). PENGARUH PPN DAN PKB TARIF PROGRESIF TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN (Studi Empiris Pada Konsumen Kendaraan Roda Empat di Yogyakarta). Jurnal Akuntansi Pajakdewantara, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.24964/japd.v1i1.839

Hanifa, N., Wajuba, L., & Fisabilillah, P. (2021). Peran Dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(1), 9–19. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare

Pratama, R. A., & Rezki, J. F. (2022). Bagaimana Dampak Kebijakan Insentif PPnBM Ditanggung Pemerintah Terhadap Kinerja Industri Kendaraan Bermotor? Bukti Dari Indonesia. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review), 6(1), 89–99. https://doi.org/10.31092/jpi.v6i1.1582

Riningsih, D. (2021). ANALISIS KEBIJAKAN INSENTIF PAJAK PPnBM MOBIL TERHADAP PENJUALAN MOBIL DI ERA PANDEMI COVID-19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi …, 1(1), 291–298. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/1150

Samudra, R. N. A., & Wibowo, D. (2022). ANALISIS PEMANFAATAN SEBELUM DAN SESUDAH INSENTIF PPnBM-DTP TERHADAP PENJUALAN MOBIL PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DI GAIKINDO. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(10).

Saragih, G. M. 2022. Dikotomi Penerapan Relaksasi Pajak Oleh Pemerintah di Tengah Pandemi Covid-19 : Analisis Terhadap Rekomendasi GAIKINDO. Sumatera Utara : Sibolga. (2020). November, 1–14.

Diterbitkan

2022-12-15

Cara Mengutip

Zahran Alwi, & Muhammad Yafiz. (2022). A Analisis Pengaruh Kebijakan Stimulus Pemerintah Terhadap Meningkatnya Penjualan Mobil Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Buhuts, 18(2), 451–461. https://doi.org/10.30603/ab.v18i2.2921

Terbitan

Bagian

Articles