Perspektif Ekonomi Islam Terhadap Minat Beli Melalui Online Shop

Penulis

  • Azizah Noer Andini Universitas Airlangga Surabaya
  • Asa Prayarsni Korina Universitas Jember
  • Novi Puspitasari Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v19i2.4151

Kata Kunci:

Ekonomi Islam, Perilaku Konsumen, Minat Beli

Abstrak

Perkembangan teknologi telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen dalam memanfaatkannya inovasi untuk pertukaran. Perkembangan toko online dan pusat komersial di website sudah menjadi salah satu pilihan gaya hidup masyarakat masa kini untuk berbelanja secara praktis dan efisien. Meski begitu, dalam melakukan pembelian, hendaklah seorang muslim tetap mengedepankan nilai-nilai syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana perilaku pembeli muslim dalam belanja online. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan menggunakan studi kepustakaan. Pendekatan studi kepustakaan merupakan pendekatan dengan menelaah berbagai jurnal dan buku yang berkaitan dengan perspektif ekonomi islam terhadap minat beli melalui online shop sebagai sumber referensi. Minat beli pada online shop ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adanya ulasan yang tepat waktu, ulasan kuantitas, dan ulasan valensi yang membuat pembeli sangat tertarik melakukan transaksi jual beli online. Studi ini berasumsi bahwa berbagai penemuan dari penelitian masa lalu di negara-negara mayoritas Muslim, misalnya Arab Saudi dan Malaysia, menunjukkan ketidaksesuaian antara jual beli online dengan syariah. Seharusnya pembeli muslim berperilaku secukupnya dimana mereka tidak melakukan konsumsi berlebihan yang berujung pada tabdhir (pemborosan) dan juga israf (berlebihan) atau kekurangan sehingga mengarah pada bukhl (kikir) sebagaimana dikutip Al-Quran dan AsSunnah.

Referensi

Angkiriwang, D. I., Susanto, K. C., & Thio, S. (2018). Pengaruh Ulasan Online Di Tripadvisor Terhadap Minat Menginap Generasi Milenial Di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(2).

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(2).

Bakti, U., Hairudin and Alie, M. S. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung’, Jurnal Ekonomi, 22(1), pp. 101–118. Available at: https://mediakonsumen.com/2018/0 5/14/sur.

Budiarto, S. (2022). Pengaruh Ulasan Pelanggan Online, Citra Merek, Dan Kepercayaan Terhadap Niat Pemesanan Hotel Konsumen Secara Online (Survei Online pada Pengguna Aplikasi Traveloka). Journal of Indonesia Marketing Association (IMA), 1(1).

Bimantari, C. (2019). The Effect of Brand Awareness, Perceived Quality, and Brand Attitude Toward Purchase Intention of Biscuit Oreo in Surabaya. Journal of Business & Banking, 8(2), 195. https://doi.org/10.14414/jbb.v8i2.1548

Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2012a). The impact of electronic word-of-mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems, 54(1), 461–470. https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.06.008 Cheung,

M. K., & Thadani, D. R. (2012b). The impact of electronic word-of-mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems, 54(1), 461–470. https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.06.008

Cheung, M., Luo, C., Sia, C., & Chen, H. (2009). Credibility of electronic word-of-mouth: Informational and normative determinants of on-line consumer recommendations. International Journal of Electronic Commerce, 13(4), 9–38. https://doi.org/10.2753/JEC1086-4415130402

Daulay, R., & Handayani, S. (2021, June). Pengaruh Gaya Hidup dan Kepribadian terhadap Minat Belanja Online melalui Aplikasi Lazada. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 478-486).

Dani, A., Anis, M., Saad, S., Shah, H., Aziz, J., Raza Jaffari, A., Waris, S., Ejaz, W., Fatima, M., & Sherazi, S. K. (2012). The Impact of Brands on Consumer Purchase Intentions Related papers Fact ors Affect ing Consumer Purchase Decision in Clot hing Indust ry of Sahiwal, Pakist an Junaid Mukht ar T he Dynamical Aspect s Rolling Shrill Consumer Purchase Int ent ions in Pakist. Asian Journal of Business Management, 4(2), 105–110.

Diallo, M. F., & Siqueira, J. R. (2017). How previous positive experiences with store brands affect purchase intention in emerging countries: A comparison between Brazil and Colombia. International Marketing Review, 34(4), 536–558. https://doi.org/10.1108/IMR-07-2014-0224

Fauzia, Ika Yunia. (2018). Etika Bisnis Dalam Islam. Prenada Media.

Fitria, T. N. (2017). Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara Tira Nur Fitria STIE-AAS Surakarta. 03, 52–62.

Furqani, Hafas. 2017. “Consumption and Morality: Principles and Behavioral Framework in Islamic Economics.” Journal of King Abdulaziz University: Islamic Economics 30.

Madu, C. N., & Madu, A. A. (2002). Dimensions of e-quality. International Journal of Quality and Reliability Management, 19(3), 246–258. https://doi.org/10.1108/02656710210415668

Muslim, et al. (2017). Glass Ceiling: Sebuah Studi Literature. Jurnal Bisnis Strategi, 26(1), 18-28.

Pappas, I. O., Kourouthanassis, P. E., Giannakos, M. N., & Chrissikopoulos, V. (2017). Sense and sensibility in personalized e-commerce: How emotions rebalance the purchase intentions of persuaded customers. Psychology and Marketing, 34(10), 972–986. https://doi.org/10.1002/mar.21036

PAMBUDI, A. (2023). PENGARUH EWOM, PRODUK REVIEW, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PADA SHOPEE (Doctoral dissertation, STIE Malangkucecwara).

Park, C., & Lee, T. M. (2009). Information direction, website reputation and eWOM effect: A moderating role of product type. Journal of Business Research, 62(1), 61–67. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2007.11.017

Sa’ait, N., Kanyan, A., & Nazrin, M. F. (2016). The Effect of E-WOM on Customer Purchase Intention. International Academic Research Journal of Social Science, 2(1), 73–80.

Suheri, A., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2), 110-119.

Sutanto, M. A., & Aprianingsih, A. (2016). the Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: a Study in Premium Cosmetic in Indonesia. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 218–230.

Wagner Mainardes, E., de Almeida, C. M., & de-Oliveira, M. (2019). e-Commerce: an analysis of the factors that antecede purchase intentions in an emerging market. Journal of International Consumer Marketing, 31(5), 447–468. https://doi.org/10.1080/08961530.2019.1605643

Yapsani, A., Kristianto, F., Handayati, F. D., & Rosalina, Y. (2020). Pengaruh Online reviews terhadap Intensi Pemesanan Hotel Secara Online di Jakarta. PERWIRA-Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 3(1), 1-14.

Yusri, M. (2019). Kajian Undang-Undang Perlindungan Konsumen dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Justisia Ekonomika: Magister Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.30651/justeko.v3i1.2963

Zhang, K. Z. K., Zhao, S. J., Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2014). Examining the influence of online reviews on consumers’ decision-making: A heuristic-systematic model. Decision Support Systems, 67, 78–89. https://doi.org/10.1016/j.dss.2014.08.005

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Andini, A. N., Korina, A. P. ., & Puspitasari, N. (2023). Perspektif Ekonomi Islam Terhadap Minat Beli Melalui Online Shop. Al-Buhuts, 19(2), 39–50. https://doi.org/10.30603/ab.v19i2.4151

Terbitan

Bagian

Articles