Pengaruh Harga Bahan Baku, Harga Jual dan Produksi Terhadap Hasil Penjualan Nasi Bakar Sultan (Studi Kasus UMKM Sambel K'Diyah)

(Studi Kasus UMKM Sambel K’Diyah)

Penulis

  • Dian Nur Millah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hendri Sucipto Universitas Muhadi Setiabudi
  • Slamet Bambang Riono Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.5151

Kata Kunci:

Raw material prices, selling prices, production, sales results

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga bahan baku, harga jual dan produksi terhadap hasil penjualan nasi bakar sultan di UMKM Sambel K’Diyah. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi lapangan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil penjualan pada fokus terkait yaitu UMKM Sambel K’Diyah. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 93 orang. Data primer yang diperoleh merupakan skala data nominal yang kemudian dirubah menjadi skala data interval menggunakan methof of successive interval. Hasil data yang diperoleh dengan instrumen kuesioner diuji menggunakan SPSS (Statistical Product and Servise Solution) 25.0. Beberapa uji yang dilakukan untuk menganalisis data yang telah diperoleh adalah uji korelasi, uji reliabilitas, uji regrsi liniar berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwasannya harga bahan baku memiliki pengaruh terhadap hasil penjualan, harga jual memiliki pengaruh terhadap hasil penjualan dan produksi memiliki pengaruh terhadap hasil penjualan, serta dalam penelitian ini terdapat nilai signifikan antara ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat, dimana dapat diartikan bahwa harga bahan baku, harga jual dan produksi berpengaruh secara stimultan terhadap hasil penjualan nasi bakar sultan di UMKM Sambel K’Diyah.

Referensi

Agustina, I. M., & Kartika, I. N. (2020). Pengaruh Tenaga Kerja, Modal dan Bahan Baku terhadap Produksi Industri Kerajinan Patung Kayu di Kecamatan Tegallalang. E-Jurnal EP UNUD, 6(7), 1302–1331.

Apipah, N., Dumadi, D., & Riono, S. B. (2022). Edukasi Penetapan Harga Jual bagi Pelaku UMKM Harum Manis Desa Parereja, Brebes. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 1–10.

Barus, A. C., & Leliani. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Perusahaan Kompas100 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 3(2), 11–20. https://doi.org/10.55601/jwem.v4i1.209

Faradisa, S. D., & Sadiqin, A. (2022). Pengaruh Harga Material Bahan Baku Plat terhadap Pelayanan Jasa Konstruksi Baja Tanki Minyak Kelapa Sawit CV. Samaco di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (Embiss), 2(4), 413–416.

Fitriah, A. A. N. (2020). Pengaruh Harga Jual dan Lokasi terhadap Volume Penjualan Telur Itik di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 1–98.

Gandhy, A., & Kurniawati, S. D. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Susu Bogor, Jawa Barat. Jurnal Maksipreneur, 8(1), 15–31. https://doi.org/10.30588/jmp.v8i1.376

Halin, H., Wijaya, H., & Yusilpi, R. (2019). Pengaruh Harga Jual Kaca Patri Jenis Silver terhadap Nilai Penjualan Pada CV. Karunia Kaca Palembang Tahun 2004-2015. Jurnal Ecoment Global, 2(2), 49–56. https://doi.org/10.35908/jeg.v2i2.251

Herawati, H., & Mulyani, D. (2019). Pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses Produksi terhadap Kualitas Produk Pada UD. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. UNEJ E-Proceeding, 463–482.

Jalil, M, A., Syahidin, & Erma. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Sere Wangi di Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues. Gajah Putih Journal Of Economics Review (GPJER), 3(2), 76–88.

Jasmani. (2018). Pengaruh Promosi dan Pengembangan Produk terhadap Peningkatan Hasil Penjualan. Jurnal Ilmiah Semarak, 1(3), 142–157.

Kurniawan, D. W. (2019). Analisa Pengelolaan Pakan Ikan Lele Guna Efisiensi Biaya Produksi Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 2(1). https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.552

Maliha, A. (2018). Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, dan Bahan Baku terhadap Tingkat Pendapatan Industri Kue dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 33(4), 1–103.

Perdana, A. P., Dinar, M., Hasan, M., Rahmatullah, & Said, M. I. (2020). Kajian Ketersediaan Bahan Baku, Tingkat Persaingan dan Perilaku Kewirausahaan Dalam Mendukung Perkembangan Usaha (Studi Kasus Pada Usaha Mebel Di Kecamatan Manggala Kota Makassar). Universitas Negeri Makassar, 32. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/3656

Salim, A. (2018). Strategi Pemasaran Home Industry Larasati Snack di Desa Tanjunganyar untuk Meningkatkan Hasil Penjualan dari Etika Bisnis Islam. IAIN Kudus, 48(8), 879.

Santi, N. W. A., Haris, I. A., & Sujana, I. N. (2019). Pengaruh Harga Jual dan Volume Penjualan terhadap Pendapatan UD. Broiler Putra di Dusun Batumulapan Kabupaten Klungkung pada Tahun 2015-2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 116. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20090

Selay, A., Andgha, G. D., Alfarizi, M. A., Wahyudi, M. I. B., Falah, N. M., Encep, M., & Khaira, M. (2023). Sistem Informasi Penjualan. Karimah Tauhid, 2(1), 232–237.

Slat, A. H. (2018). Analisis Harga Pokok Produk Dengan Metode Full Costing dan Penentuan Harga Jual. Jurnal EMBA, 1(3), 110–117.

Suartawan, I. K., & Purbadharmaja, I. B. (2020). Pengaruh Modal dan Bahan Baku terhadap Pendapatan Melalui Produksi Pengrajin Patung Kayu di Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. E-Jurnal EP Unud, 6(9), 1628–1657.

Sucipto, H., Khojin, N., Aisyah, N., & Musriah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus pada Toko Oleh- Oleh Sa ’ cekele Ketanggungan ). JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Recearch, 1(3), 53–67.

Sucipto, H., Nasir, M., Yulianto, A., & Ikhwan, S. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Kacang Garuda di Kabupaten Brebes. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Recearch, 1(3), 1–15. https://doi.org/10.51125/citaekonomika.v16i2.6665

Suryo, A. A., Suddin, A., & Widajanti, E. (2020). Pengaruh Harga, Iklan, Citra Merk dan Pelayanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling di Wilayah Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 13(2), 395–404. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/3656

Suudi, M. Y., & S, E. S. (2021). Pengaruh Bahan Baku dan Manajeamen Rantai Pasokan terhadap Proses Produksi PT. Niro Ceramic Nasional Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 22(1). https://doi.org/10.35137/jei.v22i1.528

Triwibowo, E., & Jumiatun. (2019). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 4(1), 90–102.

Wahyuni, S. (2019). Teori Konsumsi dan Produksi Dalam Perspektif Islam. Jurnal Akuntabel, 10(1), 74–79. https://core.ac.uk/download/pdf/229018574.pdf

Wijayanto, P. W. (2019). Pengaruh Harga Jual, Promosi dan Distribusi terhadap Volume Penjualan pada PP. Setia Kawan di Purwokerto. Jurnal Pro Bisnis, 2(1), 1–11.

Zulyanti, N. R. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Alat Produksi, Harga Bahan Baku, Pemakaian Bahan Baku, Jumlah Tenaga Kerja terhadap Volume Produksi (Studi Kasus Pada Industri Sarung Tenun Di Desa Pangeran Maduran). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, I(3), 159–170.

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Dian Nur Millah, Hendri Sucipto, & Slamet Bambang Riono. (2024). Pengaruh Harga Bahan Baku, Harga Jual dan Produksi Terhadap Hasil Penjualan Nasi Bakar Sultan (Studi Kasus UMKM Sambel K’Diyah): (Studi Kasus UMKM Sambel K’Diyah). Al-Buhuts, 20(1), 638–650. https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.5151

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.