Peran Shopping Enjoyment, Price Discount dan Live Streaming terhadap Impulsive Buying

Penulis

  • Orfyanny Syahreffy Themba STIEM Bongaya Makassar
  • Rezky Arianty Akob STIEM Bongaya Makassar
  • Susiana Mokhtar STIEM Bongaya

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v20i2.5954

Kata Kunci:

shopping enjoyment, price discount, live streaming, impulse buying

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh shopping enjoyment, price discount  dan live streaming secara parsial terhadap impulse buying. Metodologi yang digunakan pada artikel ini ialah jenis penelitian kuantitatif, metode deskriptif dengan pendekatan explanatory survey. Populasi pada penelitian ini adalah Masyarakat Kota Makassar yang pernah berbelanja di e-commerce Shopee yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti, sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling.  Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regrelis linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa shopping enjoyment berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying, price discount berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying dan live streaming berpengaruh secara parsial terhadap impulse buying.

Referensi

Azizah, I. N., & Indrawati, I. (2022). the Influences of Flash Sale Promotion on Shopping Enjoyment and Impulse Buying of Shopee Consumers Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2055–2072.

Azwari, A. (2021). Pengaruh Price Discount Dan Kualitas Produk Pada Impulse Buying Di Situs Belanja Online Shopee Indonesia. TECHNOBIZ: International Journal of Business, 4(1), 37–41.

Chen, Y., Lu, Y., Wang, B., & Pan, Z. (2019). How do product recommendations affect impulse buying? An empirical study on WeChat social commerce. Information & Management, 56(2), 236–248.

Hakim, R. A., & Riofita, H. (2024). Pemanfaatan marketplace Facebook Sebagai Media Pemasaran Online. Jurnal Strategi Bisnis Dan Keuangan, 5(4).

Halik, A., & Nugroho, M. (2022). The role of consumer pleasure moderating the effect of content marketing and price discount on online shopping decision and loyalty of generation Z. Media Ekonomi Dan Manajemen, 37(1), 35–54.

Handayani, W., Anshori, M., Usman, I., & Mudjanarko, S. (2018). Why are you happy with impulse buying? Evidence from Indonesia. Management Science Letters, 8(5), 283–292.

Hasim, M., & Lestari, R. B. (2022). Pengaruh Potongan Harga, Motivasi Belanja Hedonis, E-WOM Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Impulse Buying Di Tokopedia. Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(1), 59–69.

Jamjuri, J., Ramdansyah, A. D., & Nupus, H. (2022). Pengaruh Merchandising dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Intervening. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(2), 171–181.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.

Kristianti, D., & Jannah, K. D. (2024). Persepsi Kegunaan, Interaksi Sosial Online, Perceived Enjoyment Dan Kepercayaan Terhadap Pengalaman Belanja Online:(Studi Kasus Pada Customer Online Di Indonesia). Journal of Accounting and Management’s Student, 1(2).

Li, L., Chen, X., & Zhu, P. (2024). How do e-commerce anchors’ characteristics influence consumers� impulse buying? An emotional contagion perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 76, 103587.

Mardiyana, M., Nugrahaningsih, H., & Muniroh, L. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Potongan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(5), 738–751.

Pratiwi, F. A. T., Hapsoro, D., & Prajogo, W. (2024). Faktor�Faktor Yang Mempengaruhi Impulsive Buying Pada Pengguna E-Commerce Di Indonesia. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 210–223.

Primadewi, S., & Fitriasari, W. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulse Pada Live Streaming E-Commerce Berdasarkan SOR (Stimulus Organism Response) Framework. Jurnal Sosial Teknologi, 2(10), 846–856.

Putra, A. P., & Adam, M. (2020). Pengaruh Shopping Enjoyment Terhadap Impulse Buying Dengan Product Browsing Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumen Shopee Online Shop Banda Aceh (Pada Mahasiswa UNSYIAH). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(1), 52–61.

Putra, A. P., & Adam, M. (2021). Pengaruh Shopping Enjoyment Terhadap Impulse Buying Dengan Product Browsing Sebagai Variabel Mediasi Pada Kosnumen Shopee Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Di UNSYIAH Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 1–14.

Roisah, R., & Dianita, W. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Shopping Enjoyment Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Shopee. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 5(1), 9–19.

Septiyani, S., & Hadi, E. D. (2024). Pengaruh Flash Sale, Live Streaming Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying (Study Pembelian Produk Berrybenka Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(1), 970–980.

Sinaga, Y. E., & Marpaung, N. (2023). Pengaruh Visual Merchandising Dan Potongan Harga Terhadap Impulse Buying. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 3(1), 83–97.

Sinulingga, N. A. B., Sihotang, H. T., & Kom, M. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi Dan Teori. Iocs Publisher.

Sobir, O. Z. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Dan Merchandising Terhadap Impulse Buying. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 1(2), 77–85.

Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (2022). Pengaruh persepsi harga, diskon, dan customer experience terhadap loyalitas pelanggan produk fashion Shopee. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 1–16.

Terapan, J. S. H. (2022). Pengaruh Influencer, Lifestyle Dan Brand Image Terhadap Impulse Buying Di E-Commerce (Studi Kasus Pada Generasi Milenial Kota Pekanbaru). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(2).

Thamara, F., Dandi, F., Maulida, I., & Sanjaya, V. F. (2020). Effect of Price Discount, Instore Display, and Promotion on Impulse Buying. Journal of Islamic Economic Scholar, 1(2), 186–196.

Wongkitrungrueng, A., & Assarut, N. (2020). The role of live streaming in building consumer trust and engagement with social commerce sellers. Journal of Business Research, 117, 543–556.

Xu, X., Wu, J.-H., & Li, Q. (2020). What drives consumer shopping behavior in live streaming commerce? Journal of Electronic Commerce Research, 21(3), 144–167.

Yulinda, A. T., Rahmawati, R., & Sahputra, H. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Mantan Karyawan Kota Bengkulu). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1315–1326.

Zhang, J. Z., & Chang, C.-W. (2021). Consumer dynamics: Theories, methods, and emerging directions. Journal of the Academy of Marketing Science, 49, 166–196.

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Themba, O. S., Akob, R. A. ., & Mokhtar, S. (2024). Peran Shopping Enjoyment, Price Discount dan Live Streaming terhadap Impulsive Buying. Al-Buhuts, 20(2), 316–331. https://doi.org/10.30603/ab.v20i2.5954

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.