Potensi, Peluang, Dan Tantangan Perdagangan Antara Indonesia Dengan Negara-Negara Di Kawasan Timur Tengah
DOI:
https://doi.org/10.30603/ab.v12i1.921Kata Kunci:
: Potential, , Opportunities, ChallengesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi, peluang, dan tantagan perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan timur tengah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang digunkan adalah data sekunder yang diambil dari lembaga-lembaga terkait, antara lain: Disperindag, Kadin, Badan Pusat Statistik, dan dari dokumen-dokumen yang terkait lainnya. Pada penelitian ini ditemukan berbagai potensi, peluang, dan tantangan perdagangan antara Indonesia dengan Negara-negara di kawasan timur tengah, yaitu: 1) potensi, antara lain: produk-produk yang dihasilkan di Indonesia cenderung berbeda dengan produk yang dihasilkan di negara-negara kawasan timur tengah, Pertumbuhan ekonomi di negara-negara timur tengah relatif stabil. Indonesia memilikin komoditi ekspor yang cukup beragam, daya saing produk Indonesia cukup tinggi, dan pertumbuhan modal asing di negara-negara timur tengah cenderung meningkat. 2) peluang, antara lain: Adanya perubahan kebijakan ekonomi di yang berorientasi pada ekonomi pasar, hubungan diplomasi bilateral antara Indonesia dengan negara-negara di timur tengah telah terjalin dengan baik, persamaan keyakinan, adanya wacana akan dilakukannya perdangan perdagangan bebas antara Indonesia dengan Maroko dan Turki. 3) tantangan, antara lain: Jarak yang panjang, tarif bea masuk yang tinggi, iklim politik yang kurang stabil, terbtasnya dukungan dari sektor lembaga keuangan, belum tersedianya lembaga sertifikasi halal yang mendapatkan legitimasi secara internasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2016 Sudirman Sudirman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.