PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT IMAM AL-GAZALI

Authors

  • Doly Hanani

Keywords:

pendidikan karakter, Imam al- Gazali, Ihyâ’ Ulûm al-Dîn

Abstract

Kajian tentang konsep pendidikan karakter terutama pendidikan karakter menurut Imâm al-Ghazâlî dalam kitab Ihyâ’ Ulûm al-Dîn sangatlah penting dilakukan saat ini mengingat pendidikan karakter menjadi bagian salah satu aspek yang harus dilakukan guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Pendidikan karakter (akhlak) anak menurut Imam al- Gazali dalam Kitab Ihyâ’ Ulûm al-Dîn usaha sadar oleh orang dewasa (orang tua dan masyarakat) untuk membimbing karakter/akhlak anak yang diorientasikan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. dan memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat, yaitu dengan mengajarkan ajaran agama sehingga mampu mengontrol hidupnya dengan sifat-sifat terpuji yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai karakternya antara lain: mengutamakan penyucian jiwa dan ibadah, tawakkal, ikhlas, solidaritas, cinta ilmu bermanfaat, jujur, kesederhanaan, sabar, syukur, dan sikap lemah lembut. mengutamakan penyucian jiwa dan ibadah, tawakkal, ikhlas, solidaritas, cinta ilmu bermanfaat, jujur, kesederhanaan, sabar, syukur, dan sikap lemah lembut. Nilai-nilai karakter ini ada relevansinya dengan 18 (delapan belas) nilai-nilai karakter bangsa yang ditetapkan saat ini untuk dikembangkan melalui proses pendidikan.

Downloads

Published

2016-12-01

How to Cite

Hanani, D. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT IMAM AL-GAZALI. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 1(1), 46–53. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/663