Dewesternisasi Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Sayyid Muhammad Naquib Al-Attas)

Authors

  • Sutrina Antoni

Keywords:

Dewesternisasi, Pendidikan Islam, Naquib Al-Attas

Abstract

Dewesternisasi pendidikan Islam merupakan salah cara yang dilakukan agar tercipta ajaran Islam yang kaffah dan bersih dari paham-paham sekuler, tradisi magic, mitologis, animis, serta lebih mengedepankan akhlak atau etika. Dewesternisasi pendidikan Islam yang dirumuskan oleh Sayyid Muhammad Naquib Al-Attas adalah menampilkan wajah pendidikan Islam sebagai suatu sistem pendidikan yang Islam murni dan dapat diaplikasinya secara reel di tengah kehidupan bermasyarakat melalui transfer pengetahuan (’ilm) sebagai obyek pendidikan pada umumnya. Upaya yang dapat dilakukan dalam penerapan dewesternisasi pendidikan Islam adalah menata atau memperbaiki kembali tata cara memberikan pendidikan Islam dari seorang pendidik kepada peserta didik melalui bimbingan, pengajaran dan pembinaan dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan kepribadian yang sesuai dengan ajaran agama Islam, yaitu berkepribadian muslim yang paripurna.

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

Antoni, S. (2017). Dewesternisasi Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Sayyid Muhammad Naquib Al-Attas). Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 2(1), 36–48. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/671