Konsep Pendidikan Islam dalam Syair-Syair Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri

Authors

  • Saifulhaq Inaku

Keywords:

Pendidikan Islam, Syair-Syair, Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri

Abstract

Pendidikan menurut Sayyid Idrûs bin Sâlim Al-Jufrî sebagaimana tertuang dalam syair-syairnya, yakni sebagai segala yang mempengaruhi kebaikan kepada roh manusia semenjak kecil sampai dewasa hingga menjadi orang tua sekalipun. Oleh karena itu, manusia harus menerima didikan, asal mempunyai roh kesucian, atau pikiran yang sehat.

Tujuan pendidikan menurut Sayyid Idrûs bin Sâlim Al-Jufrî yakni mengajak kaum muslimin dan para peserta didiknya, abnâ' al-Khairât untuk bertakwa dalam arti mengabdi semata-mata hanya kepada Allah swt. dan megamalkan isi kitab al-Qur'ân sebagai penerang jalan kehidupan. Arah pendidikan Sayyid Idrûs bin Sâlim Al-Jufrî adalah menuju manusia sempurna yang dapat mencapai tujuan hidupnya, yakni kebahagian di dunia dan di akhirat.

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

Inaku, S. (2017). Konsep Pendidikan Islam dalam Syair-Syair Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 2(1), 66–89. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/673