Studi Komparasi Konsep Pendidikan dalam Keluarga menurut Zakiah Daradjat dan Ki Hajar Dewantara

Authors

  • Herdiyanto Djafar

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v2i2.675

Keywords:

Komparasi, Pendidikan Keluarga, Zakiah Daradjat, Ki Hajar Dewantara

Abstract

Tulisan ini ingin membandingkan konsep pendidikan dalam keluarga antara Zakiah Daradjat dan Ki Hajar Dewantara dengan melihat penyebab-penyebabnya, sehingga dapat diperoleh persamaan dan perbedaannya terkait dengan generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu dari pendidikan dalam rumah tangga sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai fenomena yang sama. Tampaknya terdapat kesamaan dan perbedaan antara pemikiran Zakiah Daradjat dan Ki Hajar Dewantara. Persamaan dari keduanya adalah dari aspek tujuan pendidikan dan hakikat pendidikan dalam keluarga perbedaan dari keduanya adalah dari konsep pendidikan keluarga. Perbedaan dari pemikiran keduanya dari konsep pendidikan dalam keluarga dengan ciri khasnya yaitu konsep pendidikan Zakiah Daradjat memasukkan aspek nilai agama dalam konsep pendidikan keluarga. Sedangkan konsep pendidikan keluarga Ki Hajar Dewantara lebih banyak memasukkan unsur teori psikologis dalam pendidikan keluarga.

Downloads

Published

2017-12-01

How to Cite

Djafar, H. (2017). Studi Komparasi Konsep Pendidikan dalam Keluarga menurut Zakiah Daradjat dan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 2(2), 112–130. https://doi.org/10.30603/jiaj.v2i2.675