Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tema Diriku Sub Tema aku Dan Teman Baru Kelas Ib Melalui Aplikasi e-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Kota Gorontalo
Keywords:
Aktivitas Belajar Siswa, Aplikasi e-Learning, Pandemi Covid-19Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Perbaikan tersebut dilaksanakan secara bertahap dan terus menerus selama penelitian dilakukan. Pandemi covid-19 telah merubah sistem pendidikan secara jarak jauh atau daring Dalam penelitian ini peneliti menggunakan aplikas e-Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa selama pembelajaran daring dikarenakan covid-19. Hasil perhitungan lembar kuesioner motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan metode daring menggunakan E-Learning, diperoleh rata-rata skor sebesar 87,83 yaitu kriteria tinggi. Jumlah peserta didik kelas 1b MIN 1 Kota Gorontalo aktivitas belajar tinggi sebanyak 28 peserta didik, kategori aktivitas belajar sedang ada 1 peserta didik, dant idak ada peserta didik untuk kategori aktivitas belajar rendah. Sehingga E-Learning bisa dikatakan bisa meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tema 1 diriku subtema aku dan teman baru . Hasil analisis data tersebut lalu diubah menjadi bentuk persentase. Hasil persentase untuk tiap kategori motivasi belajar matematika adalah sebanyak 94,44% peserta didik untuk kategori aktivitas belajarnya tinggi, 5,55% peserta didik untuk kategori aktivitas belajarnya sedang, serta 0% peserta didik beaktivitas belajar tema 1 diriku subtema aku dan teman baru rendah. Dengan demikian aktivitas belajar peserta didik untuk mata pelajarantema diriku sub tema aku dan teman baru termasuk dalam kategori tinggi.