Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tema Diriku Sub Tema aku Dan Teman Baru Kelas Ib Melalui Aplikasi e-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Kota Gorontalo

Penulis

  • Lisna Habibie min1kotagorontalo

Kata Kunci:

Aktivitas Belajar Siswa, Aplikasi e-Learning, Pandemi Covid-19

Abstrak

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Perbaikan tersebut dilaksanakan secara bertahap dan terus menerus selama penelitian dilakukan. Pandemi covid-19 telah merubah sistem pendidikan secara jarak jauh atau daring Dalam penelitian ini peneliti menggunakan aplikas e-Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa selama pembelajaran daring dikarenakan covid-19. Hasil perhitungan lembar kuesioner motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan metode daring menggunakan E-Learning, diperoleh rata-rata skor sebesar 87,83 yaitu kriteria tinggi. Jumlah peserta didik kelas 1b MIN 1 Kota Gorontalo aktivitas belajar tinggi sebanyak 28 peserta didik, kategori aktivitas belajar sedang ada 1 peserta didik, dant idak ada peserta didik untuk kategori aktivitas belajar rendah. Sehingga E-Learning bisa dikatakan bisa meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tema 1 diriku subtema aku dan teman baru . Hasil analisis data tersebut lalu diubah menjadi bentuk persentase. Hasil persentase untuk tiap kategori motivasi belajar matematika adalah sebanyak 94,44% peserta didik untuk kategori aktivitas belajarnya tinggi, 5,55% peserta didik untuk kategori aktivitas belajarnya sedang, serta 0% peserta didik beaktivitas belajar tema 1 diriku subtema aku dan teman baru rendah. Dengan demikian aktivitas belajar peserta didik untuk mata pelajarantema diriku sub tema aku dan teman baru termasuk dalam kategori tinggi.

File Tambahan

Diterbitkan

2022-02-02

Cara Mengutip

Habibie, L. (2022). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tema Diriku Sub Tema aku Dan Teman Baru Kelas Ib Melalui Aplikasi e-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Kota Gorontalo. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 35–51. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/2554