Kinerja Guru PAI Dalam Pembelajaran Berbasis Online Di MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Selatan

Authors

  • Rahmat Haluti MTsN 2 Bolaang Mongondow Selatan
  • Said Subhan Posangi IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Kinerja guru, pembelajaran online

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru PAI dalam pembelajaran berbasis online di MTsN 2 Bolaang Mongondow Selatan, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, wakmad guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kinerja guru PAI dalam pembelajaran Berbasis Online di MTsN 2 Bolaang Mongondow Selatan, sudah terlaksana sesuai dengan mekanisme kegiatan pembelajaran, guru melakukan perencanaan pembelajaran, proses dan penilaian pembelajaran guru berkinerja dengan melakukan beberapa penyesuain pembelajaran Berbasis Online. Adapun kendala selama pembelajaran berbasis online, yakni jaringan internet tidak stabil, tugas terlalu banyak, sulit fokus, kuota terbatas, aplikasi yang rumit, dan lebih senang tatap muka. kendala lain dalam pembelajaran daring seperti: Lokasi rumah tidak terjangkau jaringan, termasuk quota internet minimalis, Media pembelajaran monoton membuat peserta didik merasa jenuh bosan. pembelajaran belum interaktif, Karakter-perilaku para peserta didik sulit dipantau, penugasan online, tugas diberikan peserta didik menumpuk. Kedala lain, penyerapan materi pelajaran sangat minimalis, dan penilaian yang dilakukan guru kurang berintegritas. Solusi terhadap kendala membuka gratis layanan aplikasi daring, melakukan bimtek pembelajaran berbasis online

Downloads

Published

2021-08-02

How to Cite

Haluti, R., & Subhan Posangi, S. (2021). Kinerja Guru PAI Dalam Pembelajaran Berbasis Online Di MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Selatan. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–51. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/3303