Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Surah Al-Maun Melalui Metode Card Short Di Kelas V SDN 58 Kota Timur Kota Gorontalo

Penulis

  • Rosiyati Malaka Sekolah Dasar Negeri 58 Kota Timur Kota Gorontalo

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Surah Al-Maun, Metode Card Short

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Surah Al-Maun Mata Pelajaran PAI pada siswa Kelas V  di SDN 58 Kota Timur Kota Gorontalo melalui penggunaan metode Card Short. Subjek penelitian adalah Kelas V SDN 58 Kota Timur, yang berjumlah 16 orang siswa terdiri dari: 5 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan terdiri dari: tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi tindakan, tahap analisis dan refleksi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Card Short dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Surah Al-Maun Mata Pelajaran PAI pada siswa Kelas V  di SDN 58 Kota Timur Kota Gorontalo. Kesimpulan ini didukung oleh  meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Dari rata-rata nilai 60,26 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 3 siswa atau 18,75% pada observasi awal meningkat menjadi 74,37 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 10 siswa atau 63% pada siklus I, sementara pada siklus ke II ini rata-rata  nilai sudah mencapai 84,38. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 16 siswa atau 100%.Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Malaka, R. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Surah Al-Maun Melalui Metode Card Short Di Kelas V SDN 58 Kota Timur Kota Gorontalo. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 85–97. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4002