Penerapan Quick On The Draw Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Peserta Didik pada Materi Indahnya Saling Menghargai Keragaman Fase B SD Inpres Samaya Kabupaten Gowa

Penulis

  • Nurmiati Nurmiati Sekolah Dasar Inpres Samaya Kabupaten Gowa

Kata Kunci:

Strategi Quick On The Draw, Kemampuan Kerjasama Peserta Didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik pada materi Indahnya saling menghargai keragaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui strategi Quick On The Draw. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama peserta didik dikarenakan masih banyak peserta didik yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran kelompok. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SD Inpres Samaya Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh strategi Quick On The Draw berhasil meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik pada materi Indahnya saling menghargai keragaman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Quick on the draw dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 14,29% atau masih tergolong kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 28,57% atau masih tergolong kategori cukup. Sedangkan siklus II terjadi peningkatan menjadi 92,86% atau tergolong kategori Sangat baik. Sehingga telah memenuhi kriteria keberhasilan yang di tentukan (>85%). dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi Quick on the draw dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada tema Indahnya saling menghargai keragaman

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Nurmiati, N. (2022). Penerapan Quick On The Draw Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Peserta Didik pada Materi Indahnya Saling Menghargai Keragaman Fase B SD Inpres Samaya Kabupaten Gowa. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 98–110. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4003