Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Pattallassang

Authors

  • Hasniah SMPN 5 Pattallassang Satap Monconglo Kabupaten Gowa

Keywords:

Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini mengambil populasi di UPT SMPN 5 Pattallassang Satap Moncongloe dan yang menjadi sampel adalah kelas VII UPT SMPN 5 Pattallassang Satap Moncongloe. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes sebagai alat utama, Observasi, dan Dokumentassi. Analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Yang mana hasil dari penelitian ini, menunjukan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pra siklus 58%, pada Akhir siklus I sebesar 73,33%, dan pada akhir Siklus II mengalami peningkatan yang cukup besar sehinga mencapai 100% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh hal ini menunjukan, bahwa Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik kelas VIII.1 UPT 5 Pattallassang Satap Moncongloe

Downloads

Published

2021-08-01

How to Cite

Hasniah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Pattallassang. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 135–144. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4074