Implementasi Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sorong Selatan
Keywords:
Card Sort, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Metode Card Sort pada mata pelajaran Fikih kelas II MIN Sorong Selatan Kecamatan Kokoda Kabupaten Sorong Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini dalam siswa kelas II MIN Sorong Selatan yang berjumlah 7 siswa, laki-laki sebanyak 3 siswa dan perempuan sebanyak 4 siswa. peneliti ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk membentuk ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Penggunaan metode card sort untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih kelas II MIN Sorong Selatan kecamatan Kokoda Kabupaten Sorong Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023 dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil nilai pada pra diperoleh nilai rata-rata sebesar 56,71, ketuntasan belajar klasikal sebesar 28,57%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,71 ketuntasan belajar klasikal sebesar 42,85 %. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa nilai siswa kelas II MIN Sorong Selatan belum tuntas dan belum mencukupi KKM sebesar 70. Sedangkan hasil nilai di siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,71 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,71% dan dapat dikatakan bahwa nilai siswa kelas II MIN Sorong Selatan telah berhasil dan telah mencukupi KKM sebesar 70. Siklus II memberikan hasil yang sangat baik karena terjadi peningkatan ketuntasan dari siklus I (42,85%) ke siklus II (85,71%) sebesar 43%.