MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI SHOLAT JUM’AT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Pemahaman, Media Pembelajaran Berbasis Canva, PAI dan Budi PekertiAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis Canva kelas IV SDN 1 Bolaang. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas IV SDN 1 Bolaang dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskripstif dengan rata-rata dan persentase ketuntasan keseluruhan peserta didik. Hasil penelitian dari penerapan media pembelajaran berbasis Canva pada peserta didik kelas IV SDN 1 Bolaang dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pemahaman peserta didik, dapat dilihat dari persentase ketuntasan keseluruhan peserta didik pra siklus sebesar 55,78% dari 15 peserta didik. Pada siklus I presentase ketuntasan keseluruhan peserta didik meningkat sebesar 72,10% dari 15 peserta didik, kemudian pada siklus II meningkat Kembali menjadi 89% dari 15 peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pemahaman pada materi mulai tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran berbasis Canva dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelasI IV SDN 1 Bolaang.