MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI SHOLAT JUM’AT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Siti Humairah Paputungan SDN 1 Bolaang

Kata Kunci:

Pemahaman, Media Pembelajaran Berbasis Canva, PAI dan Budi Pekerti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis Canva kelas IV SDN 1 Bolaang. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas IV SDN 1 Bolaang dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskripstif dengan rata-rata dan persentase ketuntasan keseluruhan peserta didik. Hasil penelitian dari penerapan media pembelajaran berbasis Canva pada peserta didik kelas IV SDN 1 Bolaang dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pemahaman peserta didik, dapat dilihat dari persentase ketuntasan keseluruhan peserta didik pra siklus sebesar 55,78% dari 15 peserta didik. Pada siklus I presentase ketuntasan keseluruhan peserta didik meningkat sebesar 72,10% dari 15 peserta didik, kemudian pada siklus II meningkat Kembali menjadi 89% dari 15 peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pemahaman pada materi mulai tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran berbasis Canva dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelasI IV SDN 1 Bolaang.

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Paputungan, S. H. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI SHOLAT JUM’AT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1001–1010. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5543